7 Tips Sukses Bisnis Franchise

bisnis franchise

Untuk itu, pemengang bisnis franchise dan karyawan akan mendapatkan pelatihan dan dapat mengandalkan dukungan dari pemilik bisnis franchise. Termasuk aspek operasional, teknis, mengelola keuangan, cara mempekerjakan karyawan hingga membangun relasi yang baik dengan pelanggan. Ada dua bentuk bisnis franchise, pertama produk dan merek dagang dimana pemilik franchise menjual atau melisensikan hak untuk menggunakan merek dagang tertentu. Jenis lainnya, franchise dengan format bisnis yaitu pemilik bisnis menyediakan layanan dan dukungan kepada pemegang franchise. Akan tetapi, umumnya bisnis franchise menggabungkan kedua bentuk franchise ini. Memulai dan mengembangkan bisnis franchise tidak akan lepas dari modal usaha. Demi mendukung perjalanan bisnis Anda kelak, KoinWorks, sebagai platform peer to peer lending, hadir untuk mendukung perkembangan bisnis Anda.

Membuka bisnis franchise agen travel menjadi salah satu peluang yang belakangan ini sangat populer. Sama seperti makanan, bisnis franchise minuman juga selalu dibutuhkan dan selalu menguntungkan. Maka, jangan ragu memanfaatkannya dalam perjalanan bisnis Anda selanjutnya.

Dalam proses membangun Jco ini tidaklah mudah, perlu waktu untuk melakukan riset pasar, survey tentang donat yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia. Bisnis waralaba dalam negeri ini paling tepat untuk memulai bisnis, karena dari segi biaya waralaba dalam negeri tidak banyak membutuhkan modal. Jensinya bisa beraneka ragam, tetapi memang paling banyak berasal dari waralaba makanan dan minuman.

bisnis franchise

Jco Donuts adalah murni berasal dari Indonesia buatan dari Johnny Andrean seorang pebisnis salon terkenal di Indonesia. Tidak hanya donat, Jco menjual donat, yogurt, burger, kopi dan minuman lainnya.

Karena biar bagaimana pun, citra dan reputasi brand milik franchisor sedang dipertaruhkan ke dalam kuasa Anda sebagai pemegang hak jual. Jadi, mereka akan selalu senang dalam mendukung bisnis franchise Anda. Melalui fitur konsolidasi laporan, para pemilik dan pengelola bisnis franchise dapat dengan mudah mencatat dan memonitor laporan keuangan di banyak cabang secara berkala, bahkan real time. Dengan demikian, keputusan bisnis dapat segera diambil dengan cepat tanpa harus kehilangan momentum ekspansi. Bukan rahasia umum jika membuat produk, ide bisnis, penamaan, serta manajemen bisnis merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, terlebih pada bisnis yang baru berdiri. Untuk itu, dengan bisnis waralaba, pengusaha sudah bisa mendapatkan sebuah bisnis yang siap jalan dan menjanjikan keuntungan dengan segera.

Menurut Wikipedia, Waralaba berasal dari bahasa Inggris franchising dan bahasa Prancis franchise yang memiliki arti hak atau kebebasan untuk menjual suatu produk, jasa dan layanan. Pengertian lain dari waralaba adalah suatu hubungan kerjasama antara pemilik waralaba dengan pembeli waralaba dengan kontrak yang telah disepakati. Mungkin Anda tidak memperhatikan keuntungan yang satu ini, namun hal ini jelas memberikan perbedaan antara bisnis franchise dengan bisnis perseorangan. Franchise mewajibkan semua toko menjual produk yang sama dan membelinya stok produk atau bahan dari satu tempat yang sama untuk menjaga kualitas produk. Jika Anda membuka bisnis baru Anda sendiri dengan produk yang hebat, namun bagaimana masyarakat tahu tentang bisnis Anda? Butuh waktu bertahun-tahun bagi para pengusaha retail untuk membangun reputasi dan pelanggan yang setia.

Franchise atau waralaba produk – Menjual produk siap jual dari franchisee langsung ke konsumen. Karena sistem franchise sangat memungkinkan bagi franchisee untuk belajar bisnis langsung dari perusahaan besar. Biasanya perusahaan yang berani menjadi franchisor sudah menjalankan bisnisnya bertahun-tahun dan memiliki cabang sebelumnya. Bagi yang memiliki modal besar, membeli suatu waralaba yang harganya mahal bukanlah sebuah masalah, tetapi tidak demikian halnya dengan calon pengusaha yang memiliki modal terbatas. Namun saat ini telah banyak bermunculan usaha waralaba lokal yang membutuhkan modal yang lebih kecil, bahkan ada yang tidak sampai Rp 10 juta.

Bukan tidak mungkin loh, bisnis franchise akan maju dan berkembang memberikan keuntungan lebih dari modal. Karena menjual atas nama brand milik franchisor, maka reputasi atau nama baik brand utama juga akan mempengaruhi bisnis franchise. Membuka bisnis dengan brand yang sudah terkenal adalah bonus untuk Anda. Namun, agar franchise Anda lebih dikenal oleh masyarakat lebih luas, tidak ada salahnya untuk melancarkan strategi marketing. Carilah brand yang digemari dan memiliki respons positif di masyarakat. Karena membuka franchise yang sepi peminat sama dengan bunuh diri namanya. Business Opportunity Ventures – Agak berbeda dari franchise biasa, pada jenis ini franchisor mewajibkan franchisee untuk membeli dan mendistribusikan produk dari perusahaan tertentu.