Bincang Media “pertumbuhan Ekonomi Digital Yang Berkualitas”

perkembangan ekonomi digital

“Ini waktunya menguji balik asumsi-asumsi dan prinsip-prinsip pada hukum ekonomi, termasuk hukum persaingan usaha, sehingga jauh relevan dan tidak justru menjadi penghambat kemajuan redovisning, termasuk juga ekonomi electronic digital, ” kata Heru. Di sini. kekuatan besar dalam hal pembayaran, Indonesia dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi digital, ” kata Sugeng dalam Indonesia Banking Expo 2019, Rabu (6/11). Untuk meningkatkan transformasi digital tersebut, data dinilai menjadi faktor kunci. Pasalnya, semenjak merebaknya pandemi Covid-19 banyak sektor usaha yang tidak mampu beradaptasi dengan mengadalkan teknologi digital mengalami perlambatan kinerja.

Indonesia harus belajar dari Tiongkok yang sudah meluncurkan Five Year Plan for the Development of e- Commerce pada tahun 2011. Dalam waktu tiga tahun, volume transaksi bisnis e-commerce Tiongkok sudah mencapai 10, 1 persen dari total penjualan ritel dengan angka mencapai USD 426. Melihat perkembangan e-commerce di Tiongkok, maka kemungkinan hal yang sama dapat terjadi di Indonesia begitu besar karena Indonesia dan Tiongkok memiliki karakter yang sama. “Kami melihat banyak potensi dalam ekonomi digital Indonesia. Populasi anak muda digital native yang sangat aktif menjadi faktor kunci dalam perkembangan ekonomi mereka, ” ujar Rohit Sipahimalani, Joint Head, Investment Group, Temasek di Google Indonesia, Jakarta, Senin (7/10/2019). bahkan menyebut potensi ini mengakibatkan Indonesia bakal jadi negara dengan ekosistem ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Indonesia dapat dikatakan memiliki bekal yang ciamik untuk menjadi negara dengan industrie-commerceterkemuka di masa depan. Selain memiliki sumber daya manusia yang tak kalah bagus, pasar lokal juga menjadi potensi besar untuk mengembangkane-commerce.

Digitalisasi transaksi mampu mendorong peningkatan ekosistem ekonomi dan keuangan digital baik yang bersifat komersial maupun nonkomersial. Pada kesempatan itu, Menkeu juga sepakat bahwa sebenarnya Covid-19 juga memberikan peluang untuk terus mengembangkan transformasi digital. Menkeu menyebut bahwa dalam situasi pandemi ini, kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun kampus dilaksanakan secara digital. Maka, pemerintah merespon dengan memberikan subsidi internet untuk para siswa maupun mahasiswa. Hampir 61 juta siswa dan santri mendapatkan subsidi internet agar mereka tetap bisa mengikuti kegiatan belajar secara daring. Sementara itu, bantuan untuk pembayaran internet juga diberikan kepada para mahasiswa. Lalu, pemerintah juga memberikan bantuan pembayaran internet untuk tenaga pengajar untuk 3, 5 juta guru dan 258 ribu dosen.

perkembangan ekonomi digital

Selain memberikan stimulus kepada para pelaku bisnise-commercemulai dari level pemula, UKM, hinggaestablished business, pemerintah juga harus didukung oleh masyarakat, pihak swasta, media, maupun organisasi non-profit Live Casino online untuk mendoronge-commercemenjadi sebuah gerakan nasional/kampanye. Dari data analisis Ernst & Young, dapat dilihat pertumbuhan nilai penjualan bisnisonlinedi tanah air setiap tahun meningkat 40 persen.

“Ini semua disiapkan buat membantu kita dalam transformasi di era digital di sini.. Akan banyak pekerjaan-pekerjaan dalam menanti, tetapi membutuhkan dalam mempunyai skill. Bagaimana kamu bisa memanfaatkan teknologi dalam lebih produktif dan membangun ekonomi masyarakat, ” ungkap Semmy. Semmy menuturkan, sewaktu ini Kemkominfo fokus membangun infrastruktur demi mendukung pengembangan ekonomi digital, baik untuk sisi konektivitas, logistik, lalu payment system. menyebarluaskan diskursus tentang pertumbuhan ekonomi electronic digital yang berkualitas di time revolusi digital. Pertanyaannya, sejauh mana pertumbuhan ekonomi electronic digital yang pesat di Dalam negri telah berdampak pada peningkatan kualitas hidup manusia? Berhubungan dengan hal tersebut, Typically the SMERU Research Institute menyelenggarakan bincang media bertajuk “Pertumbuhan Ekonomi Digital yang Berkualitas” pada Kamis, 15 Agustus 2019 di Hotel Votre Meridien, Jakarta. Menurut vida, bisnis saat ini kian berkembang pesat, apalagi dalam berbasis teknologi digital. Hingga bukan tidak mungkin kaidah-kaidah hukum bisnis lama tertinggal dalam menyikapi perkembangan pada lanskap bisnis baru ini.

Itu sama dengan 64, 8 persen dari keseluruhan total penduduk Indonesia yaitu 264, 16 juta jiwa. Bahkan, pada 2019 Google menobatkan Indonesia negara dengan nilai ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan valuasi 40 miliar dolar AS atau Rp 566 triliun. Diperkirakan akan ada 26 juta pekerjaan baru di tahun 2022 akibat dari ekonomi digital ini yang kebanyakan dipengaruhi oleh perkembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Agaknya ini juga yang membuat Jack Ma membuat strategi agar Alibaba fokus pada UMKM di China. “Selain itu, Bank Indonesia menerapkan kebijakan untuk saat ini dengan mendorong perdagangan berbasis elektronik (e-commerce) dalam memberdayakan UMKM nasional, dan mendukung pertumbuhan pembiayaan melalui keuangan digital untuk mengurangi Shadow Banking, ” ucap Erwin Haryono.