Lebih Untung Mana, Usaha Sendiri Atau Franchise?

bisnis franchise

Product franchise – Franchisor memiliki kendali penuh penjualan produk miliknya. Biaya ini mencangkup 2 hal yaitu, biaya lisensi untuk hak menggunakan brand dan sistem operasional dalam jangka waktu tertentu. Untuk bisa membangun usaha sendiri, Anda butuh modal banyak untuk membuat produk, marketing, dan segala urusan operasional. Lebih aman dibanding memulai bisnis sendiri dari nol yang berisiko lebih besar.

Franchise atau waralaba dapat dikatakan sebagai bisnis yang mudah dimulai dan dijalankan. Sebagai franchisee, Anda harus khatam dengan SOP ini, sehingga dapat menjalankan bisnis dengan lancar jaya.

sudah cukup beragam, sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial kita. Rata-rata modal yang dibutuhkan untuk sebuah franchise dimulai dari Rp5 juta. Sehingga, jika Anda berniat untuk memiliki franchise KFC, Anda tidak perlu takut untuk kehilangan pelanggan karena umumnya, gerai KFC selalu ramai dikunjungi pelanggan. KFC Indonesia sendiri sebetulnya tidak memberikan franchise, melainkan mereka akan menyebut Anda sebagai “mitra” jika ingin bekerja sama. Sebagai gambaran, untuk membeli franchise ini, Anda membutuhkan modal paling tidak sebesar Rp850 juta. Setelah disetujui, Bambu Spa akan meninjau lokasi yang Anda tentukan.

bisnis franchise

Bisnis franchise yang satu ini hadir dengan menawarkan sistem bisnis yang cukup unik. Jika Anda tertarik dengan bisnis perawatan dan kecantikan, Bambu Spa menawarkan konsep treatment dengan metode bamboo yang cukup unik.

Anda tidak perlu repot untuk membangun branding dari awal, karena setidaknya brand sudah memiliki reputasi dan masyarakat sudah familiar. Menjadi franchisee, Anda akan menjual produk atau layanan yang sudah memiliki pangsa pasar.

Misalnya “aku cuma punya hobi masak atau doyan makan aja”, bisnis franchise kuliner sangat bisa di coba. Dengan pengelolaan yang relatif mudah dan produk yang bervariasi, Anda akan berada di sektor bisnis paling strategis saat ini. Di luar sana sudah banyak jasa laundry yang memiliki website untuk membantu bisnisnya. Dan menjangkau pasar lebih luas, penjualan elektronik tidak dapat dilepaskan dari bisnis franchise retail. Selebihnya franchisor yang menjalankan, seperti bekerja sama dengan maskapai tertentu, tempat wisata, penempatan lokasi bisnis, dan lain-lain. Misalnya bisnis travel agent, franchisor memberikan hak penggunaan brand, logo, dan hal lain yang bersifat branding.

Biasanya, bisnis ini dilakukan oleh pemilik brand agar bisnisnya semakin berkembang. Itu mengapa suatu bisnis bisa terlihat sangat besar dengan cabang yang tersebar di berbagai tempat. Untuk bisa bergabung dengan usaha waralaba ini, pembeli lisensi diharuskan menyediakan lokasi berupa ruangan dengan ukuran tertentu, serta mempekerjakan beberapa orang karyawan. Untuk yang memiliki minat terhadap dunia pendidikan anak-anak, usaha ini bisa jadi pilihan yang tepat. Memang ada yang bermodal hingga ratusan juta, namun ada pula yang menawarkan kemitraan dengan harga dibawah Rp 10 juta saja.