Memanfaatkan Potensi Ekonomi Digital Untuk Mendorong Pembangunan Daerah

pertumbuhan ekonomi online

Dalam waktu tiga tahun, volume transaksi bisnise-commerceTiongkok sudah mencapai 10, 1 persen dari total penjualan ritel dengan angka mencapai USD 426. Setelah melakukan workshop dan roadshow yang dilakukan oleh kementerian dan judi bola online perlaku industri, terciptalah draft Indonesia E-commerceRoadmap yang saat ini dalam tahap finalisasi di tingkat kabinet. BUMN ini bakal fokus dalam beberapa inisiatif untuk memanfaatkan peluang e-commerce di pasar enterprise.

Ia mencontohkan penanganan tes di Indonesia saja baru menyentuh angka 56 ribu penduduk. Dengan tren ini ia yakin ekonomi akan semakin sulit bergerak positif karena merespon tiap langkah penanganan yang dipilih pemerintah. Meskipun terjadi perlemahan pertumbuhan di antara mitra perdagangan sehingga berhasil mempengaruhi neraca perdagangan Indonesia, namun defisit transaksi berjalan diperkirakan tetap terkendali yakni sebesar 2, 7 persen dari Produk Domestik Bruto tahun 2019. Bernardus mengatakan pandemi mengubah pola bisnis properti dan konstruksi dunia. “Industri ini akan berubah pula sesuai perubahan tren di masyarakat, ” ujarnya. Yha misalnya, obviously, perusahaan-perusahaan yang untung adalah perusahaan yang udah punya sistem online shopping sebelum pandemi, kayak Amazon. Lagi pandemi gini, Amazon bahkan harus terus-terusan merekrut karyawan-karyawan baru untuk memastikansupply chains-nya lancar.

Selain itu, Ikea juga mencatat kenaikan penjualan online sebanyak 45% selama 12 bulan sebelum Agustus kemarin. Dia mengingatkan pemerintah agar sosialisasi adaptasi baru dapat dipahami oleh seluruh masyarakat dan juga penegak hukum. “Jangan sampai masyarakatnya dan penegak hukum sama-sama tidak faham juga, ” jelasnya. Menurut Jokowi, hal itu merupakan hasil dari kerja keras pemerintah dalam sembilan bulan terakhir menangani dampak pandemi. Selain itu, harus juga diimbangi dengan pengelolaan administrasi yang baik. Perlu dilakukan pengembangan website dan e-commerce sebagai sarana untuk promosi dan pemasaran produk-produk usaha, sehingga akan meningkatkan jumlah penjualan dan meningkatkan pendapatan. Sering kita dimintai data pribadi untuk diinput di marketplace atau situs e-commerce lainnya.

Hal ini mungkin terjadi karena digitalisasi membuat semua transaksi menjadi lebih mudah. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat dan lebih praktis jika dibandingkan dengan transaksi konvensional. Oleh karena itu, digitalisasi ekonomi memegang peranan penting dalam pembangunan Indonesia. Indonesia dapat dikatakan memiliki bekal yang ciamik untuk menjadi negara dengan industrie-commerceterkemuka di masa depan. Selain memiliki sumber daya manusia yang tak kalah bagus, pasar lokal juga menjadi potensi besar untuk mengembangkane-commerce. Indonesia harus belajar dari Tiongkok yang sudah meluncurkan Five Year Plan for the Development of e- Commerce pada tahun 2011.

pertumbuhan ekonomi online

Peningkatan itu juga membantu menciptakan unicorn seperti Grab dan Gojek, dengan startup di kawasan ini dapat menarik miliaran modal dari perusahaan teknologi global dan perusahaan investasi. Saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang meperjualbelikan barang dagangan yang sebelumnya telah di Impor dari Luar Negeri, khususnya China. Hal ini terjadi berkat unicorn e-commerce tanah air seperti Tokopedia dan Bukalapak yang berhasil menarik perhatian berbagai investor luar dan dalam negeri. Misalnya, Tokopedia yang mengantongi investasi senilai 1, 1 miliar dolar Amerika dari Alibaba di akhir tahun 2018 dan Bukalapak yang mendapat suntikan dana dari Mirae dan Naver Corp senilai 50 juta dolar Amerika di kuartal pertama tahun 2019. Anda bisa memulai mengembangkan potensi digital dengan mempromosikan bisnis konvensional menjadi online. Tidak perlu biaya tinggi untuk merealisasikan hal ini, karena Anda hanya butuh website yang dibangun menggunakan web hosting terbaik Indonesia, serta nama domain unik untuk memudahkan branding. Tentunya masih banyak lagi dampak dari digitalisasi ekonomi ini bagi masyarakat Indonesia.

Perusahaan e-commerce tersebut juga membukukan peningkatan permintaan terhadap peralatan memasak, video game, dan peralatan olahraga karena masyarakat Indonesia mulai menyesuaikan diri untuk menghabiskan waktu di rumah. Dibandingkan dengan Malaysia dan Singapura, pemerintah Indonesia enggan menerapkan prosedur karantina yang ketat karena khawatir akan dampak ekonomi dan sosial. Keempat, perlu penguatan regulasi, pelaporan, dan pengawasan yang selaras dengan tuntutan era digital.

Namun, 4 poin diatas dapat mewakili dampak positif dari ekonomi berbasiskan digital tersebut. Pendidikan; akses pendidikan, informasi dan bahan pelajaran menjadi lebih mudah serta membuka bisnis baru untuk pelatihan dan les online. Namun, tiga contoh diatas merupakan yang paling banyak digunakan dan paling mudah diakses oleh masyarakat Indonesia.

Diperlukan regulasi yang lebih ketat untuk mengatur agar marketplace bisa lebih bertanggung jawab terhadap data pribadi konsumen, jangan sampai disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan semakin banyaknya toko retail dan konsumen yang terpaksa beralih ke e-commerce, pertumbuhannya dapat ditingkatkan lebih jauh. Sebaliknya, permintaan terhadap produk smartphone, otomotif, sepatu, pakaian formal, dan tiket liburan semakin turun karena keadaan perekonomian yang tidak menentu serta kekhawatiran kesehatan sehingga masyarakat mulai mengurangi konsumsi yang tidak terlalu dibutuhkan. Secara terpisah, Blibli mengungkapkan bahwa penjualan produk sembako, pembersih, sanitasi, masker kesehatan, dan vitamin mengalami peningkatan selama beberapa minggu terakhir.